03 Februari 2023

Proofreading Sebelum Menerbitkan Tulisan

 KBMN PGRI-28







Jum'at, 3 Februari 2023

Moderator    : Helwiyah, S.Pd, M.M

Moderator    : Susanto, S.Pd

Proofreading sebelum Menerbitkan Tulisan

Dalam dunia kepenulisan  kegiatan proofreading menjadi hal penting dan wajib dilakukan oleh penulis sebelum tulisan ditertbitkan. Apa itu proofreading?, seberapa penting proofreading dilakukan?.

Berikut ini jawaban dari pertanyaan di atas yang juga merupakan resume pembelajaran keduabelas KBMN angkatan 28, materi disampaikan oleh Bapak Susanto, S.Pd, sedangkan bertindak sebagai moderator adalah Ibu Helwiyah, S.Pd, M.M.

Proofreading adalah membaca ulang kembali untuk memeriksa sebuah penulisan untuk mengetahui apakah ada yang salah atau tidak sebelum tulisan itu di publikasikan/ diterbitkan atau dibukukan. 


Sebelum melakukan proofreading atas tulisan yang hendak diterbitkan, swasunting perlu dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut







Endapkan tulisan kita, meminta teman membaca tulisan kita, meminta seorang proofreader dan menggunakan aplikasi atau editing tools.

Berikut adalah flyer tips proofreading













Point Penting dalam Proofreading  

Orang yang melakukan proofreading disebut proofreader yang memiliki tugas membetulkan ejaan, dan tanda baca juga memastikan bahwa tulisan logis dan dipahami. oleh karena itu ada hal-hal yang harus diperhatikan:

  • Efektifitas sebuah kalimat, sudah efektif apa belum
  • Susunan kata dan kalimat
  • Substansi tulisan
Seberapa Penting proofreading dilakukan?
Tulisan kita yang hendak diterbitkan tentunya berharap dibaca oleh orang lain, tentu agar tulisan kita bisa memberikan manfaat untuk orang banyak, paling tidak enak dibaca dan difahami. Karena itu proofreading tidak boleh dilewatkan. Terlebih jika akan diterbitkan di media yang memiliki aturan penulisan khusus. 
 
Kapan kita melakukan proofreading?
Proofreading dilakukan pada saat tulisan selesai dibuat. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, yaitu endapkan tulisan untuk beberapa saat, perhatikan secara detail, lakukan membaca dengan suara nyaring, baca secara perlahan, Beristirahat dan berbaik hati pada diri sendiri. 

6 komentar: