18 Januari 2023

BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

KBMN PGRI-28








Resume Kelima
Senin, 18 Januari 2023
Blog sebagai Media Pembelajaran
Moderator      : Purbaniasita KS, S.Pd 
Narasumber   : Dail Ma'ruf, M.Pd

Memanfaatkan Blog sebagai Media Pembelajaran

Kemajuan zaman hari ini menjadi hal yang penting untuk disikapi dengan bijak. Pesatnya kemajuan teknologi dan informasi  menembus ruang dan waktu. Tidak terlihat lagi sekat dan batas pemisah antar satu negara dengan negara lain, informasi dari belahan dunia luar dapat masuk bahkan hingga ke pelosok negeri. Dampak kemajuan teknologi dan informasi dirasakan oleh setiap orang. Hanya orang bijaklah yang akan merasakan dampak positif dari kemajuan teknologi dan informasi hari ini.

Pemanfaatan Blog sebagai Media Pembelajaran adalah salah satu contoh mengambil dampak positif dari kemajuan teknologi dan informasi. Apa itu blog, jenis blog, dan manfaat blog...? Jawabannya dapat dibaca pada resume kelima pembelajaran Kelas Belajar Menulis Nusantara angkatan-28 dengan narasumber Bapak Dail Ma'ruf, M.Pd, Rabu, 18 Januari 2023.

PENGERTIAN BLOG
Disampaikan oleh bapak Dail Ma'ruf,  Blog berasal dari weblog. Pertama kali diperkenalkan oleh John Barger pada tahun 1998. Barger memberi nama weblog untuk mengkhususkan istilah website yang bersifat pribadi dan sering diperbaharui dari waktu ke waktu.

Dengan kata lain blog adalah website yang bersifat personal yang memuat opini personal dan hal-hal lain untuk mengaktualisasikan diri dan mengabarkannya kepada komunitas global. Dilihat dari fungsinya blog sama dengan media sosial lainnya seperti FB, IG, Email , Tiktok, dan You Tube, yakni sebagai media untuk mengaktualisasikan diri dan memberitahukan kepada khalayak ramai, dengan harapan orang lain menjadi terhibur jika konten yang diposting adalah hiburan, dan menjadi informasi jika konten yang diposting berkaitan dengan informasi atau referensi lainnya.

Seorang bloger (pemilik blog) akan mendapatkan imbalan berupa uang dari google jika memenuhi kriteria tertentu yang telah ditentukan oleh google. Berikut adalah bloger terkenal di Indonesia.

Jika pembaca yang budiman tertarik ingin menjadi bloger terkenal silakan dapat berguru dengan Herman Yudiono, yang meninggalkan gaji sebesar dua puluh satu juta per bulan dan fulltime sebagai bloger. 

JENIS-JENIS BLOG
Blog terdapat banyak jenisnya, yaitu:

1. Blog pendidikan
2. Blog sastra
3. Blog pribadi
4. Blog bertopik
5. Blog kesehatan
6. Blog politik
7. Blog perjalanan
8. Blog riset
9. Blog hukum
10. Blog media
11. Blog agama
12. Blog bisnis

Jenis blog tersebut dibedakan berdasarkan jenis konten yang diposting oleh para bloger (pemilik blog), meskipun jenisnya berbeda akan tetapi tujuannya sama yaitu sebagai wujud aktualisasi diri dan menginformasikan kepada komunitas global.

LIMA MANFAAT BLOG BAGI PENDIDIKAN
Blog akan memberikan manafaat bergantung pada bloger itu sendiri, paling tidak ada lima manfaat blog bagi pendidikan, yaitu:

  • Bagi guru blog merupakan rumah belajar dan media berbagi 
Dengan seabreg kegiatan yang diikuti oleh guru, baik itu pembelajaran di kelas maupun dalam rangka publikasi ilmiah, maka blog sangat tepat untuk mengabadikan kegiatan guru, sekaligus menginspirasi dengan cara berbagi pengalama dengan oran lain.

  •  Blog dapat meringankan tugas guru dalam mengajar

Blog dapat dimanfaatkan oleh guru tergantung bagaimana memanfaatkannya, bisa sebagai penyimpan materi, pengumpulan tugas murid juga bisa dimanfaatkan sebagai media informasi lainnya.

  •  Blog dapat meningkatkan minat belajar murid

Berdasarkan hasil penelitian oleh Sartono Guru SMA Negeri 2 Magelang Media blog efektif digunakan sebagai media pembelajaran alternatif di sekolah karena dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar murid.

  • Blog dapat diakses oleh siapapun di belahan bumi manapun, dengan blog guru bisa berbagi materi pelajaran atau bisa berbagi ide ide kreatif dengan orang yang jauh lintas negara sekalipun dengan mudah dan murah
  • Blog sebagai media silaturahmi                                                                                                                                                                         Tidak sedikit orang  bisa terjalin komunikasi setelah lama berpisah gara-gara mengakses blog. 

Berikut tulisan di blog yang telah berhasil memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran 




Seberapa besar manfaat blog akan kita rasakan dalam menunjang tugas pokok dan fungsi sebagai pendidik, bergantung pada kemampuan kita dalam mendesain pembelajaran dan kemampuan mengakses internet.  Tingkatkan literasi agar menjadi literat sejati yang mampu mengambil manfaat dari kemajuan teknologi dan informasi.


7 komentar:

  1. Mantaap betul, pak Hilan nampaknya sangat pakar blog nih ... hehehe

    BalasHapus
  2. Mantaap...meski baru belajar tapi sangat rapi...mampir juga ya ke sini milmayasmi82.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Luar biasa bapak, semoga semakin semangat menulisnya 💪

    BalasHapus