28 Januari 2023

MENULIS ITU MUDAH

KBMN PGRI-28












Resume Kesembilan

Menulis itu Mudah

Jum'at, 27 Januari 2023

Moderator       : Lely Suryani, S.Pd.SD

Narasumber    : Prof. Dr. Ngainun Na'im


Pembelajaran kesembilan Kelas Belajar Menulis Nusantara dilaksanakan pada hari Jum'at, 27 Januari 2023, pukul 19.00-21.30 Wib. Tema pembelajarannya adalah Menulis itu Mudah. Narasumber  adalah Prof. Dr. Ngainun Na'im beliau adalah guru besar sebuah perguruan tinggi di tanah jawa. 

Bagi narasumber menulis sudah menjadi kebiasaan yang telah dilakukan sejak lama, telah banyak karya yang beliau hasilkan baik berupa buku, jurnal imiah maupun tulisan ringan yang menceritakan perjalanan hidup beliau.

Menulis itu bisa dikatakan mudah juga bisa dikatakan sulit, tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Prof. Ngainun Naim menjelaskan secara singkat tip menulis mudah. Paling tidak ada 4 yang harus dilakukan agar menulis menjadi mudah, yaitu:

Menulislah hal-hal sederhana yang kita alami
Menulis itu urusannya dzauq/ rasa. Agar pembaca merasakan apa yang kita tulis, maka tulislah dari apa yang telah kita lakukan dari hal yang mudah dan sederhana. Pilihlah aspek apa yang akan diceritakan, sebagai pemula, kelola nafsu yang menggebu-gebu untuk menuliskan hal yang berat, jangan dipaksakan nanti akan fatal akibatnya, tulisannya tidak selesai ditulis. Menulis hal-hal yang sederhana yang kita alami ini dilakukan agar terbangun konsistensi dan komitmen dalam menulis. Seperti contoh tulisan ringan yang ditulis oleh narasumber dengan kegiatan/ pengalaman sebagai sumber dalam menulisnya.























Tidak ada istilah kehilangan ide menulis seperti menjadi keluhan beberapa penulis, justru yang ada adalah kurang kreatif dalam menulis. Kegiatan kita sehari-hari adalah sumber yang paling mudah didapatkan. Pengalaman kita adalah sumber ide. Perasaan tidak memiliki ide pun sesungguhnya adalah ide dalam menulis jika dikembangkan akan menjadi sebuah tulisan. 

Fokus dalam Menulis
Maksudnya adalah hindari menulis sambil mengedit tulisan yang sedang kita tulis. Mengapa...? karena jika menulis sambil mengedit akan menjadi hambatan psikologis dalam menuangkan pikiran. Menulis saja apa yang ada dalam pikiran kita. Jangan hiraukan bagus tidaknya tulisan kita, yang penting tulis, tulis dan tulis. Uursan mengedit ada tahapan tersendiri, yakni setelah selesai menulis. Jika dalam proses menulis mengalami stagnan, save dulu tulisannya di laptop atau istilah lain, endapkan dulu, cari suasana psikologis yang berbeda untuk melanjutkan tulisannya.

Menulis tentang perjalanan 
Mengapa menulis tentang perjalanan. Karena di dalam perjalanan banyak ditemui hal-hal yang menyenangkan apalagi perjalanan dalam rangka wisata. Kita akan mudah menuangkan dalam tulisan, karena apa yang kita alami adalah hal yang menyenangkan. Sisipkan aspek yang paling menonjol dalam tulisan. Sehingga ada pelajaran penting dari tulisan yang kita tulis.

Menulislah setiap hari
Cari waktu luang untuk menulis, jika tidak ada waktu luang. Luangkan waktu untuk menulis. Bila perlu paksakan untuk menulis. Jaga konsistensi menulis baik waktu maupun durasi kita menulis. Jika sudah konsisten menulis selama kurang lebih 3 bulan, lihat dan rasakan apa akibatnya. Tantangan terbesar dalam menulis adalah diri kita sendiri, dibutuhkan pengelolaan emosi dan nafsu yang baik untuk menghasilkan tulisan. Diperlukan disiplin waktu, disiplin tempat dan disiplin durasi dalam menulis. Disiplin sebagaimana disampaikan oleh cobet adalah menundukkan kesenangan sesaat untuk mewujudkan kesenangan dalam jangka waktu lama.

Demikian tip menulis mudah sebagaimana disampaikan oleh Prof. Ngainun Naim.
 


























8 komentar: