20 Januari 2023

MENULIS BUKU MAYOR DALAM DUA MINGGU

KBMN PGRI-28


 Resume Keenam
 Jum'at, 20 Januari 2023
 Menulis Buku Mayor dalam Dua Minggu
 Moderator      :  Aam Nurhasanah, S.Pd 
 Narasumber   : Prof. Richardus Eko Indrajit

AKU PENUHI TANTANGANMU, PROF.....

Pembelajaran keenam Kelas Belajar Menulis Nusantara angkatan-28  bersama Prof. Richardus Eko Indrajit, Jum'at 20 Januari 2023 berasa sangat singkat. Dua jam berasa lima menit. Penyampaian materi lebih kepada memotivasi mewujudkan  mimpi peserta untuk menjadi penulis, dalam hal menulis beliau mengajak dan menyarankan untuk tidak terlalu banyak diskusi yang mengakibatkan takut melakukan eksekusi. Langsung eksekusi, jika ada permasalahan dalam proses eksekusi baru didiskusikan dengan Prof. Richardus Eko Indrajit dan ibu Aam Nurhasanah atau dengan yang lain yang paham tentang ilmu menulis.  Beliau tidak lagi menjejali peserta dengan teori dan konsep menulis, namun langsung ke inti yakni praktek menulis, practice make perfect , latihan adalah kuncinya. Tak tanggung-tanggung tantangan beliau adalah menantang peserta membuat buku yang mampu tembus penerbit mayor dalam waktu dua minggu.

Apa itu penerbit Mayor ? Penerbit Mayor adalah perusahaan penerbitan yang skalanya sudah besar. Penerbit ini sudah punya nama brand  yang besar, dari segi modal juga tidak main-main. Tentu untuk bisa tembus penerbit Mayor bukanlah hal yang mudah terlebih bagi penulis yang baru belajar membaca dan menulis di kelas belajar menulis nusantara angkatan 28 ini meskipun dalam prosesnya tidak terlepas bimbingan Prof. Richardus Eko Indrajit dan Ibu Aam.

Hingga pembelajaran keenam berakhir pukul 21.00 WIB terdapat 79 peserta yang mendaftar mengikuti tantangan Prof. Richardus Eko Indrajit, menulis buku mayor. Entah bekal apa yang saya miliki, motivasi Prof. Richardus Eko Indrajit berhasil menggugah semangat peserta untuk menulis,  sayapun ikut mendaftar, terlihat nama saya berada di urutan 7  respon google form yang dibuat oleh Bu Aam Nurhasanah.

Bagaimana tidak termotivasi..?, jika dilihat dari gelar akademisnya, dengan saya pribadi laksana langit dan bumi, angkat topi atas keikhlasan beliau yang telah berkenan berbagi dengan peserta Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI. Dilihat dari karyanya begitu banyak pemikiran dituangkan dalam tulisan. Tercatat berdasarkan pengakuan beliau telah menulis kurang lebih 121 buku mayor semenjak  selesai kuliah, 623 artikel, dalam bahasa Indonesia maupun Inggris, dan 10 buku pertamanya adalah bunga rampai yang setiap bukunya terdiri dari 50 artikel. Tentu karya beliau dikagumi banyak orang, mengingat tulisan beliau diangkat peristiwa aktual di negeri ini. 

Ada beberapa hal yang beliau tanamkan terkait penulisan buku termasuk buku mayor : 
  1. Harus mengikuti kebutuhan pasar. Kita menulis bukan untuk diri sendiri, tapi untuk orang lain.  
  2. Mulailah dari satu hal yang sederhana. Jangan menuliskan sesuatu yang kita tidak mengerti dan tidak ada sumber referensinya.
  3. Carilah judul yang  anti mainstream , maksudnya judul yang aneh, unik dan kreatif yang belum banyak ditulis oleh penulks lain, hal ini dimaksudkan agar buku diterima oleh percetakan mayor, dan laris dipasaran.
  4. Jangan menunggu percaya diri muncul, menulislah niscaya percaya diri akan muncul dengan sendirinya mengikuti proses menulis.
  5. Jangan berkecil hati dengan kemampuan menulis kita. Ketika kita bisa berbahasa dan berkomunikasi yang baik, itulah modal menulis kita yang harus dilatih. Practice makes Perfect, Berlatih adalah kuncinya. 
Tidak salah jika kita berdecak kagum atas karya beliau, tapi ingat kitapun tidak boleh abai terhadap perjuangan beliau dalam menempuh puncak kesuksesannya.  Ada banyak pelajaran yang sangat berharga untuk kita yang bermimpi menjadi penulis sejati.

Terimakasih Prof Eko, tantangannya akan saya penuhi
Terimakasih motivasinya, motivasi Prof. hari ini adalah semangat saya tuk selamanya.....




6 komentar:

  1. Keren, pak Himan resumenya
    Kalo berkenan, monggo mampir di link saya. Terima kasih

    https://theresiamartinioke.blogspot.com/2023/01/resume-6-menulis-buku-mayor-dalam-dua.html

    BalasHapus
  2. Padat namun bermakna
    Jika berkenan silakan berkunjung di
    https://ragungps.blogspot.com/2023/01/eksekusi-mimpi-jangan-sekedar-teori.html

    BalasHapus
  3. Padat dan berisi...menginspirasi....malu aku mah...mampir yok https://milmayasmi82.blogspot.com/2023/01/ohhhh-my-good-aku-berteriak-saat.html

    BalasHapus
  4. Semangat literasi
    https://yamin19710813.blogspot.com/2023/01/menulis-buku-mayor-dalam-dua-minggu.html

    BalasHapus